Minggu, 23 September 2012

Gangnam Style Fever

Oppa gangnam style!
Gangnam style!
Eh, sexy lady
Oppa gangnam style!

Lagu yang dipopulerkan Park Jae-sang yang akrab disapa PSY itu makin menghebohkan industri musik Korea. Sejak lagu dan MV (Music Video) Gangnam Stye rilis pertengahan Juli yang lalu, video itu mendapat repons yang luar biasa. Di YouTube, video itu ditonton lebih dari 48 kali. Kepopulerannya mengalahkan MV dari SNSD dan Super Junior yang lebih dulu rilis tahun lalu. Gangnam Style pun mendunia. Lantas, apa yang membuatnya istimewa?
Gangnam Style sebenarnya adalah single dance-pop yang ditulis dan dinyanyikan PSY. Korean singer senior tersebut memang terkenal dengan sense of humor yang tinggi. Tidak heran, selera humor yang dia masukkan menjadi dance-nya semakin comical. Single Gangnam Style melesat hampir di semua chart Billboard Korea. Bahkan, perhatian internasional pun mulai tercuri setelah video tersebut beredar di YouTube. Dalam chart South Korea (Gaon Digital Singles) dan US (Billboard Korea K-Pop Hot 100) Gangnam Style menempati peringkat pertama.


Daya tarik dance Gangnam Style-lah yang membuatnya menonjol. Gerakan dance yang dikenal sebagai the horse riding dance memadukan gaya shuffle dance dan gerakan tangan dengan posisi mengendarai kuda. PSY mengungkapkan menulis Gangnam Style sebagai bentuk opininya terhadap materialisme masyarakat Korea Selatan dalam berpenampilan. Siapa sangka, dia telah berhasil menyampaikan pesan lagu itu dengan "tidak terlihat keren" hingga akhir MV. "Saya hanya ingin lagu, lirik, dan tariannya penuh dengan semangat," ujar PSY.
Beberapa hari setelah rilis video itu mampu menarik perhatian situs berita Asia,hingga Yahoo! Pada awal Agustus lalu Gangnam Style dipuji sebagai single YouTube sensasional oleh berita utama AS, seperti CNN, ABC News, dan The Wall Street Journal. Musisi dan selebriti dunia pun mulai ikut-ikutan demam Gangnam Style. Mulai Robbie Williams, T-Pain, Josh Groban hingga Katy Perry menuliskannya di Twitter, "Help, I'm in a Gangnam Style K-hole." Bahkan, manajemen Bieber dikabarkan menawarkan kerja sama pada YG Entertainment. Kalau kalian, siap ketularan virus Gangnam Style?


Fenomena Gangnam Style mampu menyedot perhatian banyak orang. Mereka bahkan ikut-ikutan membuat parodinya. Jangan mengaku penggemar K-pop kalau belum tahu kehebohan yang diciptakan Gangnam Style seperti berikut ini:
1. Bikin Macet
Di wilayah Gangnam, Seoul, PSY membuat heboh dengan menggelar pertunjukkan dadakan yang diadakan di tempat umum. PSY dengan sengaja memilih Gangnam karena cocok dengan title track album ke-enamnya tersebut. Konser itu sukses membuat macet karena jalan tersebut dipadati oleh fans.
2. Baseball Goes Gangnam
Kehebohan juga terjadi di lapangan bisbol. PSY mengumumkan lewat Twitter bahwa dirinya akan membawa Gangnam Style dance ke pertandingan malam itu. Tepat pada 21 Agustus lalu lagu Gangnam Style diputar saat pertandingan LA Dodgers melawan San Fransisco Giants. Ketika time out antarbabak, Gangnam Style meraung keluar dari speaker tribun dan 43.000 penonton langsung menari Gangnam Style.
3. Kalahkan SNSD dan Big Bang
Para Sone pasti tidak akan percaya bahwa PSY bisa mengalahkan rekor yang dibuat idola mereka, bahkan Big Bang sekalipun. Gangnam Style menyedot perhatian 20 juta orang dalam sebelas hari, mengalahkan rekor SNSD yang mencapai 20 juta viewers dalam waktu 37 hari. MV tersebut juga mengalahkan rekor MV Fantastic Blue milik Big Bang.
4. Gangnam Style Mob
Mnet America menyelenggarakan flash mob di sebuah toko di Los Angeles, Forever 21, 18 Agustus lalu. Sejumlah kelompok yang mengaku sebagai fans dance Gangnam Style menari serentak di tengah-tengah clothing store. Dancer Ellen Kim dan Kaba jadi pemimpin. Salah seorang koreografer YG Entertainment, Aimee Lee Lucas, juga melakukan flash mob. Event tersebut disebarkan melalui Twitter hingga ratusan orang ikut berpartisipasi.


Gaduh tarian kuda jingkrak ala Gangnam Style semakin menggila. Lewat video berdurasi 4 menit, PSY mampu menghipnotis penduduk dunia untuk berjingkrak ria. Lewat flash mob, masyarakat mengapresiasikan kekaguman mereka akan joget Gangnam Style.
Flash mob sendiri secara sederhana adalah sebuah aktivitas sekelompok orang yang dilakukan secara bersama-sama dan berada di tempat yang sama untuk melakukan sesuatu yang konyol sebelum polisi tiba. Dan flash mob Gangnam Style artinya tentu saja melakukan tarian ala kuda jingkrak secara bersama-sama.
Setelah video Gangnam Style moncer di YouTube dan mampu menyedot hingga 218 juta pemirsa, banyak video flash mob bermunculan sebagai bentuk apresiasi mereka pada PSY. Dan bahkan Indonesia pun ikut serta terkena Gangnam Style fever, yang ditunjukkan lewat aksi yang dilakukan 1.000 orang di Bundaran HI Jakarta.
Berlokasi di Bundaran HI Jakarta, lewat aksi mereka yang ilegal, anak-anak muda kreatif Jakarta ini mampu meng-Gangnam Style-kan Jakarta dengan flash mob yang melibatkan 1.000 orang. Dan di YouTube, video ini mampu menyita perhatian dengan 954 ribu lebih penayangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar