Senin, 30 April 2012

Isu Kenaikkan Harga BBM

Seputar pembuatan minyak, pernahkah berpikir kenapa bensin mahal? *sekedar wawasan agar pikiran lebih open minded dengan realita*
1. Harga minyak mentah dunia meroket, lebih dari 100 dollar per barrel. Indonesia memang penghasil minyak, tapi adakah yag tahu bahwa yang menguasai sumur-sumur itu kebanyakan perusahaan luar/perusahaan asing? (Chevron, Texaco, Exxon, dll.) Jadi jika Pertamina ingin mengolah minyak tersebut ternyata juga harus beli!! Oleh karena itu harga minyak mentah sangat berpengaruh/berbanding lurus dengan harga bensin kita. Kita juga impor Arabian Crude Oil buat produksi pelumas, lilin, dan aspal.
2. Pengolahan Crude Oil menjadi bensin itu mahal. Selain rumit, juga harus di destilasi dan di striping. Dia juga butuh reforming (penaikan bilangan oktan) agar sesuai dengan standar bilangan oktan yang diwajibkan, dan proses ini MAHAL. Di reaktor ada 700 m3 katalis (katalis = satu drum = 300 juta) yang berarti bisa ratusan drum, dan itu diganti tiap bulan minimal 1 drum. Belum lagi butuh daya besar untuk bangkitin energi penjalan pabrik. Jadi jika harga bensin dinaikkan menjadi Rp. 6.000-an per liter, itu sudah termasuk MURAH. Coba sejenak bayangkan, jika harga mentahnya saja 100 dollar per barrel (1 barrel = 160 liter) berarti 1 liternya Rp. 5.600,- dan ini belum diolah menjadi bensin. Seharusnya harga bensin itu Rp. 11.000-an agar pabrik bisa mendapatkan profit.
Memang kita diSUBSIDI oleh pemerintah, tapi apakah kita harus selalu bergantung dengan itu? Di mana budaya malu kita? Sudah dimanja dengan SUBSIDI, masih protes juga? Astaghfirullah...
Jadi, BE SMART ya Brada and Sista. Jika kita tidak tahu bagaimana susahnya membuat bensin, alangkah lebih baik diam dan tak perlu berkoar ataupun protes kenaikan harga BBM. Mereka yang berorasi, berkoar, berteriak lantang, bahkan demonstrasi, jangankan mengerti proses pembuatan bensin, pengertian bensin saja belum tentu paham. Tidak ada tendensi mendukung pemerintah atau menafikkan mereka yg protes, tapi ini hanya sebuah wawasan agar kita lebih open minded dengan isu-isu yang diberitakan media dengan realita yg ada. Mari jadilah bangsa Indonesia yang cerdas, sumbangkan pemikiran dan aksi kita, bukan sekedar protes semata :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar