Senin, 30 Juli 2012

Manfaat Ciuman



Berciuman ternyata tak hanya menyenangkan, karena juga mendatangkan banyak manfaat. Namun demikian banyak yang mengira bahwa kissing alias berciuman hanya sekedar berfungsi untuk meningkatkan keintiman dengan pasangan saja, padahal tidak. Tidak sedikit khasiat dan manfaat ciuman bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja?
Mengutip dari femalefirst, berciuman sebenarnya memicu seluruh spektrum fisiologis, yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan umumnya menata tubuh yang bekerja sangat keras. 


a couple was kissing


1. Ciuman membakar kalori
Berciuman dua hingga enam menit, itu sama saja membakar banyak kalori. Berciuman selama 5 menit dapat membakar hingga lebih kurang 12 kalori. Alternatif diet yang mudah dan juga menyenangkan bukan?

2. Ciuman menciptakan imunitas
Setiap mengunci bibir, itu tak hanya bertukar ludah, tetapi juga bertukar kuman. Mayoritas bakteri dalam air liur umum untuk semua orang, tetapi sekitar 2% berbeda. Jadi, proses berciuman memicu tubuh memproduksi antibodi melawan bakteri asing. Itu seperti vaksinasi. Selama ini berciuman dianggap sebagai cara penularan virus. Tetapi pada kenyataanya, air liur yang terdapat saat berciuman, merupakan obat alami yang dapat mengatasi virus tertentu. Proses pertukaran air liur ini akan dapat merangsang sistem kekebalan tubuh  dan menghasilkan produksi antibodi yang mampu melindungi Anda dari virus. Proses ini disebut cross-imunoterapi.


3. Ciuman menguatkan otot wajah
Berciuman menggunakan 30 otot wajah dan membantu menjaga kekuatan ototnya. Sama artinya mencegah pipi turun. Ketegangan pada otot yang disebabkan ciuman mengggairahkan, membantu menghaluskan kulit dan meningkatkan sirkulasi darah di wajah. Efeknya, aliran darah ke kulit wajah meningkat dan secara tidak langsung juga akan menghaluskan kulit.


4. Ciuman meredakan stres
Ciuman bergairah mengurangi ketegangan, mengurangi energi negatif dan menghasilkan rasa kesejahteraan, serta menurunkan hormon 'stres' kortisol. Berciuman lebih dari 3 menit akan merangsang tubuh menghasilkan rantai kimiawi yang akan menghancurkan hormon penyebab stress.


5. Ciuman meningkatkan harga diri
Ciuman menyebabkan semua orang merasa lebih dicintai dan lebih dihargai. Secara umum, memiliki harga diri tinggi membuat seseorang terlihat lebih sehat. Orang yang melawan depresi atau memiliki harga diri rendah cenderung melawan penyakit lebih banyak karena tubuhnya tak memiliki endorfin dan antibiotik alami untuk melawan penyakit.


6. Ciuman menyehatkan jantung dan menjaga keseimbangan sistem kardiovaskular
Ciuman sanggup memproduksi adrenalin, sehingga menyebabkan jantung terpompa untuk mendapatkan dan meningkatkan sirkulasi darah. Efek ciuman bermanfaat bagi jantung, dan pada dasarnya berciuman sangat mirip dengan melakukan aerobik atau bersepeda. Selain itu, saat Anda mencium pasangan dalam waktu yang lama, detak jatung bisa meningkat hingga 110 per menit. Ini bisa menjadi latihan yang bagus bagi kesehatan jantung.


7. Ciuman mencegah gangguan paru-paruSetelah berciuman, biasanya nafas menjadi lebih cepat. Rata-rata setelah berciuman, orang akan menghirup dan membuang nafas 60 kali dalam satu menit. Sedangkan dalam keadaan normal, hanya 20 kali tiap satu menit. Menghirup dan membuang nafas lebih sering akan mencegah berbagai gangguan di paru-paru.



8. Ciuman melindungi gigi
Saat berciuman, produksi saliva atau air liur otomatis lebih banyak. Asam yang terkandung dalam saliva akan menjadi pelindung yang baik bagi gigi Anda.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar